Fungsi Utama Sistem Operasi

Fungsi utama sistem operasi � Belajar tentang komputer itu sangatlah menyenangkan terlebih jika anda sudah tahu bagaimana cara mengoprasikan dan tahu bagian bagian yang terdapat pada komputer hal itu akan membuat anda menjadi lupa akan segalanya. Bagi kalian yang pertama belajar masalah komputer hal pertama yang harus anda ketahui adalah komputer itu terdiri dari dua perangkat yaitu perangkat keras atau disebut hardware, dan juga perangkat lunak atau disebut software. Adapun yang disebut dengan perangkat keras yaitu semua jenis komponen yang terdapat pada komputer yang membentuk sebuah komputer, bisa dibilang jika perangkat keras itu adalah bagian rangka yang membentuk komputer baik yang ada didalam maupun diluar, sedangkan perangkat lunak adalah sistem sistem yang terdapat pada komputer yang berbentuk digital atau semua sistem yang akan menjalankan komputer sesuai dengan fungsinya.

Kedua perangkat tersebut sebtulnya saling berkaitan, coba anda bayangkan jika komputer hanya ada perangkat keras saja tanpa diinstal perangkat lunak apa yang akan terjadi? Pasti komputer itu hanya sebatas kerangka saja tanpa bisa digunakan untuk keperluan kerja dan yang lainnya, begitu juga sebaliknya. Masing masing perangkat tersebut terdiri atas komponen atau aplikasi aplikasi. Nah, yang akan saya bahas saat ini adalah salah satu komponen atau aplikasi yang terdapat di perangkat lunak yaitu sistem operasi khususnya tentang fungsi utama dari sistem operasi itu sendiri.

Fungsi sistem operasi

Sistem operasi pada perangkat lunak merupakan sebuah aplikasi pemograman yang mengelola berbagai macam sumberdaya dan juga menyediakan berbagai layanan umum. Sistem operasi merupakan jenis aplikasi yang pertama kali menjalankan tugasnya pada saat komputer di hidupkan, sistem ini adalah sistem paling penting yang dimiliki oleh perangkat lunak. Kenapa bisa dikatakan paling penting? Karena pada saat komputer pertama kali dinyalakan yang ertama kali berfikir adalah sistem operasi, jadi jika sistem operasi ini tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik maka komputer itu tidak bisa digunakan bukan? Sebab sistem operasinya tidak berjalan. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apa sih fungsi sistem operasi yang sebetulnya itu? sebetulnya, sistem operasi itu memiliki dua fungsi yaitu fungsi secara umum dan juga fungsi utama. Pada kesempatan ini saya akan jelaskan tentang fungsi utama sistem operasi.

Fungsi utama sistem operasi

Pada ulasan diatas telah diterangkan bahwa sistem operasi memiliki dua fungsi yaitu fungsi umum sistem operasi dan juga fungsi utama sistem operasi. Di sini saya akan jelaskan mengenai fungsi utama sistem operasi. Ada dua macam fungsi utama sistem operasi:
  1. Sistem operasi sebagai resource manager atau mengelola semua sumberdaya sistem dari komputer
  2. Sebagai bagian extended machice yaitu yang menyembunyikan adanya kompleksitas dari pemrograman dan juga menyajikan berbagai fasilitas mudah dan juga sederhana dalam penggunaan hardware

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Utama Sistem Operasi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan