Struktur Sistem Operasi

Struktur sistem operasi � Di dalam struktur sistem operasi terdapat komponen komponen sistem yang pada kenyataan yang terjadi tidak seluruh jenis sistem oprasi tersebut memiliki struktur yang sama. akan tetapi menurut pendapat dari beberapa orang ahli diantaranya greg gagne, avi silberschat, dan juga peter galvin berpendapat bahwa pada umumnya setiap sistem oprasi modern memiliki komponen yang terdiri dari :
  1. Sistem operasi managemen proses
  2. Sistem operasi managemen secondary storage 
  3. Sistem operasi managemen berkas 
  4. Sistem operasi managemen utama
Masing masing sistem operasi tersebut akan dijelaskan secara lebih jelas lagi pada ulasan dibawah. Namun, sebelum menjelaskan tentang struktur sistem operasi tersebut, akan dijelaskan lebih dahulu tentang pengertian sistem operasinya itu sendiri.

Pengertian sistem operasi

Pada penjelasan diatas telah diberikan beberapa contoh dari struktur sistem operasi yang akan dijelaskan secara lebih rinci pada ulasan dibawah. Namun sebelum anda mengetahui tentang beberapa komponen yang terdapat didalam sistem operasi tersebut, anda harus tahu dulu tentang pengertian sistem operasi.

Adapun pengertian dari sistem operasi itu sendiri adalah salah satu sistem operasi yang besar dan juga kompleks sehingga dalam strukturnya harus dirancang secara berhati hati dan juga secara seksama agar struktur sistem oprasi tersebut bisa berfungsi sebagaimana yang kita harapkan dan juga bisa dimodifikasi secara lebih mudah. Struktur sistem operasi juga merupakan sebuah komponen sistem operasi yang telah dihubungkan dan juga telah dibentuk pada suatu kernel. Berikut adalah penjelasan lebih dalam mengenai beberapa struktur sistem operasi yang ada diatas.

Struktur sistem operasi

Pada penjelasan diatas telah di sebutkan beberapa komponen yang terdapat pada struktur sistem operasi. Nah, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.
  1. Sistem operasi managemen proses. Sistem operasi yang satu ini merupakan sistem operasi yang memiliki unti kerja terkecil dan secara individu sistem ini mempunyai sumber daya yang telah dijadwalkan. Sumber daya yang dibutuhkan dalam sistem operasi yang satu ini seperti perangkat i/o, memori, berkas dan juga CPU
  2. Sistem operasi managemen secondary storage. Sistem operasi yang satu ini digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan juga program. Managemen secondary merupakan jenis penyimpanan sekunder seperti disk 
  3. Sistem operasi managemen berkas. Sistem operasi yang satu ini merupakan kumpulan dari berbagai jenis informasi yang berhubungan dengan berbagai tujuan dari pembuatan berkas yang berkaitan. Pada umumnya berkas berkas tersebut merepresentasikan berbagai program dan juga data. 
  4. Sistem operasi managemen utama. Sistem operasi managemen utama ini bisa dikatakan sebagai memori yang paling utama dan biasanya lebih dikenal dengan istilah memori. Sistem operasi ini merupakan suatu array yang besar dari sebuah word ataupun byte, dan memiliki ukuran hingga ratusan, ribuan dan juga jutaan. Pada setiap jenis word ataupun byte memiliki alamat sendiri sendiri. Memori yang utama ini memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai data yang telah diakses dengan menggunakan CPU atau menggunakan perangkat i/o.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur Sistem Operasi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan