Cara Membuat Resep Tongkol Suwir Sambal Matah Khas Bali Terbaru


Resep Tongkol Suwir Sambal Matah Khas Bali

Cara Membuat Resep Tongkol Suwir Sambal Matah Khas Bali Terbaru = Saya Tips kali ini saya akan membuat Resep Ikan Tongkol Sambal Matah Khas Bali yang terpapuler di Negara bali makan cirihas nya yang sangat terpapuler dan sangat di gemari oleh penduduk bali dari saya akan membshas cara membuat ikan tongkol dan Sambal merupakan hidangan yang sangat khas bagi masyarakat Indonesia dan maupun sekitarnya. beragam kreasi sambal hampir selalu menghiasi menu makan sehari-hari di mana saja makan tampa sambal ibaratnya orang mengatakan mau makan ga nasinya. Masakan masakan tumisan tongkol atau suwir yang sesaat sebelum penyajiannya dicampur dengan sambal iris pedas ini, merupakan kreasi dari variasi sambal matah yang enak dan sederhana untuk dicoba di rumah dan anda bisa peraktekan di rumah anda masing masing

Saya Akan Membahasnya Langsung  Cara Membuat Tongkol Suwir Sambal Matah Resep Khas Bali Sepisial Kusus Buat Anda di Bawah ini

Resep Tongkol Sambal Matah Cirihas Orang Bali

Olahan sambal iris mentah yang enak ini termasuk dalam aneka sambal Nusantara yang sangat terpapuler. Sambal yang dikenal sebagai bagian kuliner khas Bali ini yang sangat di gemari oleh penduduk orang bali, cukup terkenal dengan sebutan sambal matah atau di sebut juga sambal mentah. Irisan bahan sambal disirami dengan minyak panas serta diaduk-aduk atau diremas-remas hingga rata pada waktu mau disajikan. Sensasi cita rasanya yang gurih bercampur pedas sangat cocok dikombinasikan dengan berbagai aneka masakan, baik disajikan secara terpisah atau pun dicampur dengan bahan lainnya.


Dengan Cara Membuat Sambal matah khas bali dengan perpaduan tongkol suwir merupakan salah satu varian dari aneka kreasi bali sambal iris yang favorit bagi keluarga atau penduduk bali, di karenakan cita cita rasa tongkol yang sangat dikenalli dan sangat enak dan gurih dan mantap. 

maka dari itu anda bila ingin sekali membuat sambal matah kombinasi tongkol suwir saya akan simak langsung caranya di bawah,dan anda sedikan aja peralatan dan bahan bahan yang untuk di gunkan untuk membuat maka itu tersbut di bawah ini 

Bahan Bahan Untuk Persiapan Bahan dan Bumbu Tongkol Sambal Matah untuk membuatnya

250 gram - ikan tongkol disuwir-suwir
1/2 sendok makan - gula pasir
2 mata - asam jawa dilarutkan dengan air hangat secukupnya
1 buah - jeruk nipis diperas
Minyak - secukupnya untuk menumis
Bahan sambal matah :
6 butir - bawang merah diiris tipis
3 siung - bawang putih diiris tipis
1 batang - serai, ambil putihnya lalu iris tipis
12 buah - cabe rawit merah diiris kecil atau sesuaikan jumlahnya
3 buah - cabe merah besar diiris tipis
1/4 sendok teh - garam
1 sendok teh - gula pasir
1/2 sendok teh - terasi bakar dihaluskan
2 lembar - daun jeruk purut dibuang batang, ambil tengahnya lalu diiris halus

Dan Selanjutnya anda Tinggal Ikuti Saja Langkah Langkah Berikut di Bawah ini

Yalahkan Kompor Gas dan Panaskan 2 sendok makan minyak sayur ke dalam wajan, tumis sebentar suwiran ikan tongkol, lalu masukkan gula pasir dan larutan asam. Aduk sebentar lalu angkat dan sisihkan dahulu.
Masukkan semua bahan sambal matah ke dalam sebuah mangkuk atau wadah, lalu masukkan tumisan tongkol suwir. Aduk-aduk kemudian remas-remas menggunakan tangan sampai rata, jangan lupa menggunakan sarung tangan plastik, sisihkan lagi.

Panaskan kembali 4 sendok makan minyak dalam wajan, lalu masukkan air perasan jeruk nipis. Selanjutnya tuangkan minyak panas tersebut ke dalam campuran suwiran tongkol dengan irisan bahan sambal tadi. Aduk-aduk kembali dengan sendok sampai tercampur rata, tata dalam piring saji dan siap untuk dihidangkan demikin dari saya membuat Resep Ikan Tongkol Sambal Matah semoga atikel ini bisa bermanpaat bagi anda .



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Resep Tongkol Suwir Sambal Matah Khas Bali Terbaru"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan