Pengertian Dan Perbedaan Sinyal Analog Dan Juga Digital

Pengertian dan perbedaan sinyal analog dan juga digital - Sinyal analog dan juga sinyal digital, mungkin pada saat ini sudah banyak sekali orang orang yang mendengar istilah istilah tersebut, namun jika ditanya tentang pengertiannya hanya sedikit orang saja yang mengerti tentang pengertian dari sinyal digital dan juga sinyal analog. Untuk itulah mengapa pada kesempatan ini saya putuskan untuk memposting tentang pengertian dan juga perbedaan sinyal analog dan sinyal digital. Sebab diantara kedua sinyal tersebut memiliki perbedaan.

Dalam dunia perkembangan teknologi yang sangat pesat ini ada banyak sekali yang menerapkan sinyal tersebut pada perkembangan teknologi saat ini. Sebuah teknologi pada sinyal digital ataupun sinyal analog. Pada teknologi tersebut ada yang menggunakan satu teknologi saja, dan ada pula yang menggunakan keduanya. Hmmm, saya rasa tidak perlu untuk berpanjang lebar lagi, dibawah ini saya akan memberi secuil ilmu tentang pengertian dan juga perbedaan dari sinyal digital dan sinyal analog.

Pengertian sinyal analog dan digital

Pengertian Sinyal Analog dan digital. Yang dimaksud dengan sinyal analog atau isyarat analog adalah sebuah sinyal data yang berbentuk gelombang yang begitu kontinyu, yang akan membawa suatu informasi dengan merubah karakteristik dari gelombang. 
 
Dua parameter atau karakteristik yang terpenting dan dimiliki oleh isyarat analog yaitu amplitude dan juga frekuensi. Isyarat analog pada biasanya telah dinyatakan dalam gelombang sinus, mengingat gelombang sinus itu merupakan sebuah dasar yang berguna bagi semua bentuk isyarat analog.

Pengertian sinyal digital adalah Sebuah sinyal digital yang merupakan sebuah sinyal data yang terdapat dalam bentuk pulsa dan dapat mengalami sebuah perubahan yang secara tiba tiba dan memiliki besaran antara 0 sampai 1. Teknologi dari sinyal digital tersebut hanya mempunyai dua buah keadaan, yaitu keadaan 0 dan juga keadaan 1, sehingga hal ini tidak akan mudah untuk terpengaruh oleh adanya derau atau noise, akan tetapi transmisi pada sinyal digital hanya dapat mencapai jarak jangkau pada pengiriman data yang dekat saja. Sinyal Digital itu biasa disebut dengan istilah sinyal diskret.

Perbedaan sinyal analog dan digital 

Sebelum saya jelaskan tentang perbedaan sinyal analog dan digital. Saya jelaskan terlebih dahulu bahwa sinyal analog dan juga sinyal digital itu merupakan sebuah bagian yang terdapat di dalam komunikasi data. Dan pada komunikasi data tersebut merupakan satu bagian dari jaringan yang ada dalam komputer. Salah satu perbedaan yang dapat dilihat sangat jelas dari sinyal analog dan sinyal digital adalah dilihat dari segi bentuknya. 
 
Sinyal analog memiliki bentuk yang menyerupai sebuah gelombang, sedangkan sinyal digital itu sendiri memiliki bentuk berupa pulsa dan bentuk dari sinyal digital itu sendiri dapat mengalami perubahan secara tiba tiba. Itu adalah salah satu perbedaan sinyal analog dan sinyal digital yang sangat amat jelas, sebetulnya masih banyak lagi perbedaan dari kedua jenis sinyal tersebut yang mungkin akan saya jelaskan kembali pada kesempatan berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Perbedaan Sinyal Analog Dan Juga Digital"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan